tekanan darah tinggi

Apakah saat ini Anda tinggal di kawasan ramai dan berisik? Jika iya, maka Anda sebaik nya berhati-hati, karena banyak penyakit yang bisa muncul karena lingkungan yang stressful.

berisik picu hipertensi

Orang yang mengalami hipertensi, dinding arteri pada jantungnya akan menerima tekanan terlalu banyak, dan itu terjadi secara terus-menerus. Tanda seseorang mengalami hipertensi ialah ketika tekanan darahnya di atas 120/80 mmHg, hingga kondisi terburuknya yakni melebihi 160/100 mmHg. Adapun mengenai gejala hipertensi, secara umum seseorang akan merasa sakit kepala, pusing, sesak napas, penglihatan kabur, terasa berdenyut pada bagian leher ataupun kepala, dan terasa mual.

Sebagian orang berpikir bahwa tekanan darah tinggi hanya disebabkan oleh pola makan yang tidak sehat, berkolesterol dan kurangnya aktivitas fisik sehingga menimbulkan masalah pada tekanan darah. Tapi ternyata ada banyak faktor pendukung lain yang sebenarnya bisa memicu tekanan darah tinggi, salah satunya adalah lingkungan tempat tinggal yang padat dan ramai.

infografis hipertensi

Menurut sebuah penelitian yang diterbitkan dalam Occupational & Environmental Medicine, berada di lingkungan kerja atau tempat tinggal yang ramai, berisik dan padat bisa meningkatkan risiko penyakit tekanan darah tinggi. Karena tinggal di tempat yang berisik dan ramai bisa meningkatkan kadar stres setiap orang sehingga membuat orang mudah darah tinggi dan emosi. Sedangkan setiap orang membutuhkan waktu tenang atau silent time untuk mengembalikan semangat dan menyeimbangkan kesehatan mental.

Bagaimana cara awal mengatasi hipertensi?

JAGA BERAT BADAN IDEAL

Faktanya, orang yang memiliki berat badan berlebih, entah itu overweight atau obesitas mempunyai 2 sampai 6 kali peluang lebih besar mengalami hipertensi. Oleh karena itu, usahakan untuk menjaga berat badan tetap ideal, karena tak hanya bisa mencegah hipertensi tapi dengan begitu Anda bisa menurunkan berbagai risiko penyakit lainnya.

Mulai sekarang, ubah gaya hidup Anda supaya berat badan turun dan akhirnya berada di angka yang ideal. Mengurangi sekitar 4-5 kg berat badan yang berlebih, sudah dapat menurunkan risiko tekanan darah tinggi.

BEROLAHRAGA SECARA RUTIN

Jangan membayangkan Anda harus menjadi seorang atlet untuk bisa berolahraga rutin. Saat ini olahraga sudah jadi kebutuhan semua orang karena dapat menjaga kesehatan tubuh secara umum, termasuk mencegah hipertensi.

Faktanya, orang yang berolahraga rutin memiliki risiko hipertensi yang lebih rendah ketimbang yang tidak melakukan olahraga sama sekali.

Untuk menjaga tekanan darah tetap normal, sebaiknya lakukan olahraga selama 2 jam hingga 30 menit per minggu. Tak perlu olahraga yang terlalu sulit, cukup jalan santai, jogging, atau bersepeda saja sudah dapat mencegah hipertensi.

Sementara anak-anak dan remaja dianjurkan untuk berolahraga selama satu jam setiap hari supaya tubuhnya tetap bugar dan terhindar dari risiko hipertensi.

MENGUBAH POLA MAKAN

Pola makan yang buruk sangat mungkin menyebabkan tekanan darah melonjak. Maka itu, Anda harus mengurangi makanan yang tinggi natrium yang banyak terkandung dalam garam dapur serta makanan olahan, supaya tekanan darah tetap normal.

Sebaliknya, untuk mencegah hipertensi Anda dapat memilih makanan yang tinggi kalium yang dapat membantu menjaga tekanan darah stabil. Kalium dapat Anda temukan dalam kentang, pisang, alpukat, ikan, dan susu.

Tak hanya itu, makanan rendah lemak serta makanan berserat seperti buah-buahan, sayur, serta biji-bijian utuh juga dianjurkan untuk dikonsumsi.

Saat ini sudah ada beberapa jenis diet yang ditujukan untuk orang yang memiliki darah tinggi, seperti diet DASH. Dengan menerapkan diet ini, Anda harus mengonsumsi asupan serat yang tinggi, sumber protein dengan kandungan lemak yang rendah, membatasi natrium, serta menghindari makanan dengan kolesterol tinggi.

Jangan lupa juga untuk minum air putih yang cukup, karena kekurangan cairan akan memengaruhi jumlah natrium di dalam tubuh.

BERHENTI MEROKOK

Hipertensi adalah salah satu efek samping buruk yang bisa ditimbulkan dari kebiasaan merokok. Merokok juga dapat membuat Anda terkena berbagai penyakit kronis seperti stroke, penyakit jantung, dan serangan jantung.

Jadi, hentikan kebiasaan merokok Anda mulai sekarang.

KELOLA STRES DENGAN BAIK

Stres dapat membuat tekanan darah naik sesaat. Namun, jika Anda tidak mengelola stres dengan baik maka tekanan darah akan terus tinggi dan bisa menimbulkan kondisi hipertensi.

Stres memang wajar terjadi, tapi yang paling penting bagaimana Anda mengelolanya dengan baik. Lakukan hal-hal yang bisa membuat Anda rileks, seperti mendengarkan musik, meditasi, atau yoga.

PINDAH KE LINGKUNGAN YANG LEBIH TENANG

Cara paling ampuh untuk jangka panjang adalah Anda dan keluarga harus berpindah di daerah yang lebih tenang. Saat ini, susah sekali menemukan lingkungan dengan suasana yang tenang namun tidak jauh dari pusat kota.

Di kota Padang, ada daerah Lubuk Minturun yang dikenal sebagai kawasan yang asri dan tenang, namun hanya berjarak kurang dari 5 KM dari pusat pemerintahan.

Sampai detik ini, Perumahan Lumin Park bisa menjual sampai 17 unit rumah/ bulan. Sudah bisa dipastikan peminat nya sangat banyak, apalagi saat ini kami sudah masuk ke tahap 3 di kawasan Cluster.

Tunggu apa lagi? Segera ambil ponsel Anda dan hubungi admin Lumin Park. Klik tombol WhatsApp yang ada di kiri bawah halaman ini, atau hubungi kami di kontak dibawah ini.

Kontak:
08116 618 618 (Firdaus)
085274 423 024 (Hafiz)
Email: parklubukminturun@gmail.com
Instagram: @luminpark 

Berminat survei lokasi? Kunjungi Kantor Pemasaran Perumahan Lubuk Minturun Park dengan bantuan Google Map. 

lokasi-lumin-park
Please follow and like us: